Rabu, 05 Juni 2024

Selamat Jalan Mas Karsono

 Sepatah kata kenangan dari Mas Auri:

satu persatu temen kita tlh pergi meninggalkan kita, dg cara yg berbeda pula. Ada yg melalui proses panjang, tetapi ada pula yg pergi cepat,  tak terduga. Karsono mungkin salah satu yg pergi cepat tanpa diduga pula. Itulah maut, jika Alloh sdh berkehendak, manusia tidak berdaya dan kuasa menolaknya....

Karsono 42 tahun silam, banyak mengukir kenangan masa itu. Kita sering bersama, pergi bersepeda ke kota. Nonton film bersama. Dibandingkan saya, karsono kala itu lbh memiliki pergaulan kota. Dia banyak tahu soal sudut2 kota di jogja. Dia tahu lbh dulu soal bioskop dari pada saya. Dia pula yg ngajari saya nonton film di bioskop...

Kenangan nonton film bersama dia adalah nonton film janur kuning. Kala itu saya bersama Nurwidi, "diutangi" nonton film janur kuning. Maklum, karsono yg punya uang duluan, dia juga yg punya ide buat nonton film itu.Dia nembak kakak perempuannya. Dan kebetulan kakak perempuannya baik, meminjami uang untuk sama2 nonton bioskop. Bertiga, bersepeda ke bioskop Indra, di bilangan Jl. Mangkubumi kala itu.

bioskop penuh. Beli tiket di calo. Dapat paling depan. Saya ingat banget, temenku nurwidi girang kepalang krn dpat tiket paling depan. Namun kegirangan  nurwidi membuat karsono tertawa terbahak, dasar wong ndeso. Nonton bioskop ki nek ngarep dewe sing paling ciloko.....nonton bioskop padake nonton ndangdutan neng alun2.....mereka berdua berdebat panjang. Saya yg sebenarnya "podo" ndesane sama nurwidi dan gak paham betul, cuma diam. Tpi lama2 saya gak enak, perdebatan mereka banyak dilihat orang2 yg sebaya. Akhirnya saya lerai, karsono pergi keluar.. Saya pikir karsono marah, ternyata dia membeli sesuatu...gorengan di pinggir jalan. Dimasukin dalam tas. Maklum, sebenarnya acara nonton film itu "dadakan" ide spontan, krn sebenarnya ada pelajaran Pramuka yg waktu itu sore. Kita mbolos pramuka nonton janur kuning, ya krn kita maunya sekolah nontonya pakai seragam pramuka. Hanya karsono yg bisa pakai kaos. krn dia memang sdh siap nonton dan memang mau bolos....

nah di dalam bioskop ada insiden lagi, sebelum film dimulai kita sama2 nyantap gorengan.. lagi2 rebutan antara nurwidi dan karsono. nurwidi maunya singkongnya aja, krn itu singkongnya disikat habis.Tinggal tempe gembus goreng yg tersisa....tiba2 karsono.nyeletuk Asuuuu kiiii mung disisani  gembus.....lah telone ndi.....entah apa yg lucu, celetukan karsono membuat seisi bioskop tertawa ngakak.....

itulah kenangan bersama karsono, celetukannya, spontannya, ndobosnya....semua membuat kesan Karsono.Selamat jalan sobat, semoga engkau damai di sana....๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™









































Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halan-Halan Healing Horeg Heboh [5H]

Daripada, daripada.. mendingan jalan-jalan ngudoroso menikmati keindahan ciptaan Tuhan. 11 Agustis 2024, bersama teman-teman ke Magelang.  s...